Read the Beforeitsnews.com story here. Advertise at Before It's News here.
Profile image
By Jack Blood (Reporter)
Contributor profile | More stories
Story Views
Now:
Last hour:
Last 24 hours:
Total:

Sejarah Stasiun Radio Chicago WLS (AM)

% of readers think this story is Fact. Add your two cents.


Sejarah Stasiun Radio Chicago WLS (AM) – WLS (890 AM) adalah stasiun radio komersial di Chicago, Illinois. Dimiliki oleh Cumulus Media, melalui pemegang lisensi Radio License Holdings LLC, stasiun ini menyiarkan format radio bincang-bincang.

WLS memiliki studionya di NBC Tower di North Columbus Drive di lingkungan Streeterville kota, dan menara siaran non-arahnya terletak di tepi selatan Tinley Park, Illinois.

Sejarah Stasiun Radio Chicago WLS (AM)

deadlinelive – WLS adalah stasiun Kelas A yang mengudara pada frekuensi clear channel 890 kHz dengan daya 50.000 watt menggunakan pemancar Harris DX-50.

Kontur layanan gelombang tanah siang hari stasiun mencakup bagian dari lima negara bagian sementara pada malam hari sinyalnya secara rutin mencapai 38 negara bagian melalui skywave. WLS berpartisipasi dalam jaringan titik masuk utama Sistem Peringatan Darurat, yang melayani fungsi tersebut untuk Illinois utara dan Indiana barat.

Pemrograman stasiun juga tersedia untuk pendengar di wilayah metropolitan Chicago dengan penerima Radio HD melalui siaran langsung di sub-saluran HD2 dari stasiun saudara WLS-FM. Didirikan pada tahun 1924 oleh Sears, Roebuck and Company — dengan tanda panggil, singkatan dari slogan “Toko Terbesar Dunia” Sears — WLS menghabiskan tahun-tahun awalnya sebagai outlet radio majalah Prairie Farmer.

Dari 1928 hingga 1954, WLS berbagi frekuensi yang ditetapkan dan operasi siaran keseluruhan dengan WENR milik Blue Network sampai penerus Blue Network, American Broadcasting Company, menggabungkan WENR ke WLS dan akhirnya membelinya langsung.

Era radio hit kontemporer stasiun ini dari 1960 hingga 1989 menyaksikan WLS di puncak peringkat dan kreatif yang dipimpin oleh tokoh Dick Biondi, Larry Lujack, John Records Landecker, dan Bob Sirott. Sejak 1989, WLS telah menjadi outlet radio bincang-bincang penuh waktu.

Pada 1920-an, Sears, Roebuck and Company adalah perusahaan retail dan mail order besar. Untuk membuat petani dan masyarakat pedesaan membeli perangkat radio dari katalognya, Sears mengulur waktu di stasiun radio, dan kemudian memutuskan untuk membentuk stasiunnya sendiri.

Tepat sebelum stasiun permanen siap, Sears mulai mengudara pada 21 Maret 1924 sebagai WBBX dengan program siang menggunakan studio WMAQ. WLS adalah salah satu stasiun clear-channel Kelas I-A 50.000 watt asli yang tidak berbagi frekuensi asli 870 kHz dengan stasiun lain mana pun selama jam malam, ketika sinyal radio AM dapat menempuh jarak jauh melalui skywave.

Sears menyiarkan transmisi uji coba dari studionya pada tanggal 9, 10 dan 11 April 1924, menggunakan tanda panggilan WES (untuk “Toko Ekonomi Dunia”).

Sears awalnya mengoperasikan stasiunnya di kantor pusat perusahaan perusahaan di West Side Chicago, yang juga merupakan tempat bisnis pemesanan surat perusahaan itu berada. Pada 12 April 1924, stasiun tersebut dibuka secara resmi, menggunakan huruf panggilan WLS (untuk “Toko Terbesar di Dunia”), dan menyiarkan dari studio barunya di Sherman House Hotel di pusat kota Chicago.

Pemancar stasiun awalnya terletak di luar Kreta, Illinois. Pada 19 April, stasiun itu menayangkan Tari Gudang Nasional pertamanya. Harriet Lee adalah penyanyi staf WLS sebagai bagian dari Tim Harmoni pada akhir 1920-an.

Penyanyi contralto yang populer juga memainkan “Aunt May” di acara Children’s Hour. Stasiun ini membagi waktu frekuensi dengan WCBD hingga 11 November 1928, pada saat itu mulai berbagi waktu dengan WENR.

Gedung pemancar WLS di Tinley Park

Sears membuka stasiun tersebut pada tahun 1924 sebagai layanan kepada para petani dan kemudian menjualnya ke majalah Prairie Farmer pada tahun 1928. Stasiun tersebut pindah ke Prairie Farmer Building di West Washington di Chicago, di mana stasiun tersebut bertahan selama 32 tahun.

Selama beberapa bulan setelah pembelian ABC tahun 1960 dan format berubah, “suara baru yang cerah” yang dimulai pada Mei 1960 disiarkan dari Prairie Farmer Building.

WLS tidak pindah ke Stone Container Building di pusat kota Michigan Avenue, yang terletak di 360 North Michigan Avenue, hingga bulan Oktober tahun itu. Tiga puluh tahun kemudian, itu akan pindah sekali lagi, ke 190 North State di pusat kota Chicago.

Itu adalah adegan dari National Barn Dance, yang menampilkan Gene Autry, Pat Buttram, dan George Gobel, dan yang kedua setelah Grand Ole Opry (itu sendiri merupakan spin-off National Barn Dance) dalam menampilkan musik country dan humor.

Juga berhasil bereksperimen dalam berbagai bentuk penyiaran berita, termasuk laporan cuaca dan tanaman. Siaran beritanya yang paling terkenal adalah laporan saksi mata bencana Hindenburg oleh Herbert Morrison. Morrison dan insinyur Charles Nehlsen telah dikirim ke New Jersey oleh WLS untuk meliput kedatangan Hindenburg untuk siaran yang tertunda.

Rekaman mereka disiarkan keesokan harinya pada tanggal 7 Mei 1937, pertama kalinya rekaman acara berita disiarkan. Mulai tahun 1930-an, WLS adalah afiliasi dari Blue Network of the National Broadcasting Company (NBC), dan dengan demikian menayangkan program komedi Fibber McGee dan Molly dan Lum dan Abner yang populer (keduanya diproduksi di studio stasiun milik NBC Chicago , WENR dan WMAQ) selama tahun-tahun awal mereka.

Ketika Federal Communications Commission memaksa NBC untuk menjual Blue Network, WLS mempertahankan afiliasinya dengan jaringan di bawah identitas barunya, American Broadcasting Company (ABC).

Di bawah afiliasi ini, beberapa program dari jaringan yang tidak disponsori secara komersial atau yang dijadwalkan untuk melewati waktu WLS dan WENR mengalihkan penggunaan frekuensi yang sama (seperti pertandingan bisbol atau sepak bola) dipindahkan ke udara di Blue Network ketiga. / Afiliasi ABC di Chicago, WCFL. Siaran jaringan Blue / ABC alamat para pemimpin buruh juga dialihkan dari WLS dan WENR ke WCFL, yang pada saat itu dimiliki oleh Chicago Federation of Labour.

Pada tahun 1931, daya stasiun ditingkatkan dari 5.000 watt menjadi 50.000 watt, dan stasiun mulai berbagi pemancar WENR dekat Downers Grove, Illinois. Pada tahun 1938, pemancar stasiun dipindahkan ke Tinley Park, Illinois.

WENR

WENR berawal dari stasiun 10-watt yang dimulai pada akhir 1924 oleh E. N. Rauland, yang perusahaannya memproduksi merek radio All-American. Pada 19 Maret 1925, ia menerima lisensi penyiaran WENR 100 watt pada 1130 kHz. Pada musim gugur 1925, WENR menggunakan pemancar 1.000 watt yang dirancang sendiri oleh Rauland. Stasiun ini membagi waktu frekuensi dengan WBCN, yang pada saat itu dimiliki oleh surat kabar Southtown Economist. Pada tahun 1927, kedua stasiun telah mengubah frekuensi menjadi 1040 kHz.

Pada tahun 1927, investor Chicago Samuel Insull telah membeli kedua stasiun tersebut, melalui perusahaannya, Great Lakes Broadcasting. Pada tanggal 1 September 1928, WBCN dihentikan, dan WENR mulai beroperasi penuh waktu pada frekuensi tersebut.

Pada November 1928, stasiun itu sekali lagi mengubah frekuensi, kali ini menjadi 870 kHz, berbagi waktu dengan WLS, dan menjadi stasiun radio Chicago pertama yang mengoperasikan daya 50.000 watt dari pemancar baru di Downers Grove, Illinois. Insull memindahkan stasiunnya terlebih dahulu ke Gedung Strauss Chicago, dan kemudian ke Gedung Opera Civic miliknya sendiri.

Pada tahun 1931, stasiun tersebut dijual ke National Broadcasting Company seharga sekitar $ 1 juta. Stasiun itu menjadi bagian dari Jaringan Biru NBC. NBC memindahkan studio WENR ke Merchandise Mart, kantor pusatnya di Chicago. Perubahan dilakukan terkait frekuensi AM pada tahun 1941 sebagai hasil dari Perjanjian Penyiaran Regional Amerika Utara; ini memindahkan WENR dan WLS dari 870 ke 890 kHz.

Pada Agustus 1943, NBC diperintahkan untuk melepaskan diri dari Blue Network dan stasiun-stasiunnya; WENR dan Blue dijual kepada Edward J. Noble. Pada tahun 1945 Blue Network diubah namanya menjadi American Broadcasting Company.

Stasiun terus berlanjut di Mart, sebagai penyewa NBC, sampai tahun 1952 ketika dipindahkan kembali ke Gedung Opera Civic. Paul Harvey bekerja sebagai penyiar malam di WENR dari 1944 hingga 1951.

WENR dan WLS menggunakan frekuensi yang sama dalam pengaturan pembagian waktu hingga 1954, ketika ABC (saat itu dikenal sebagai American Broadcasting-Paramount Theatres) membeli 50 persen saham di WLS dan menggabungkan stasiun. Pada November 1959, ABC mengumumkan pembelian Prairie Farmer dan separuhnya dari WLS, memberikan ABC kepemilikan penuh atas stasiun tersebut.

Era WLS Musicradio

Pada tanggal 2 Mei 1960, pukul 6 pagi, WLS menjadi full-time Rock and Roll / Top 40. Mort Crowley adalah disc jockey pertama dengan format baru, dan lagu pertama yang diputar adalah “Alley-Oop” oleh Hollywood Argyles, empat minggu penuh sebelum debutnya di Hot 100. Jingle stasiun itu dinyanyikan oleh Anita Kerr Singers.

Ralph Beaudin adalah presiden dan manajer umum stasiun, dan mengawasi transformasi stasiun menjadi stasiun rock and roll / 40 teratas. Sam Holman adalah direktur program stasiun dan DJ sore. Beaudin dan Holman sama-sama dibawa dari KQV di Pittsburgh, Pennsylvania.

Ed Grennan, penyiar di stasiun itu sejak 1959, dipertahankan sebagai DJ dengan format baru. Bintang disc jockey Dick Biondi, penerima penghargaan National Radio Hall of Fame tahun 1998, didatangkan dari WEBR di Buffalo, New York. Biondi tetap di stasiun sampai 1963.

DJ lain yang dibawa untuk format baru stasiun termasuk Bob Hale dari WIRL di Peoria, Illinois, Gene Taylor dari WOKY di Milwaukee, Wisconsin, Mort Crowley dari WADO di New York City, dan Jim Dunbar dari WDSU di New Orleans, Louisiana. Pada bulan Oktober 1960, Art Roberts bergabung dengan stasiun tersebut sebagai DJ, setelah sebelumnya bekerja di WKBW di Buffalo, New York.

Clark Weber bergabung dengan stasiun sebagai DJ, tetap di stasiun sampai tahun 1969. Pada tahun 1963, Ron “Ringo” Riley bergabung dengan stasiun tersebut sebagai DJ, setelah sebelumnya bekerja di WHK di Cleveland, Ohio. Dex Card bergabung dengan stasiun tersebut pada tahun 1964, dan menjadi tuan rumah penghitungan mundur Survei Dolar Perak hingga tahun 1967, pembawa acara terlama di acara tersebut.

Pada tahun 1967, Larry Lujack bergabung dengan WLS sebagai DJ, empat bulan setelah dia mulai bekerja di pesaing utama stasiun WCFL.

Lujack kembali ke WCFL pada tahun 1972, tetapi bergabung kembali dengan WLS pada tahun 1976, tetap dengan stasiun tersebut hingga 1987. Pada tahun 1972, John Records Landecker bergabung dengan WLS, tetap dengan stasiun tersebut hingga tahun 1981.

Landecker kembali ke WLS pada tahun 1986, dan tetap bersama stasiun tersebut hingga format diubah pada tahun 1989. Tommy Edwards bergabung dengan stasiun sebagai direktur produksi pada tahun 1972, menjadi direktur program satu tahun kemudian, dan kemudian menjadi DJ tengah hari. Bob Sirott bergabung dengan WLS pada Juni 1973, tetap di stasiun hingga Desember 1979.

DJ lain di WLS selama era 40 teratas termasuk Chuck Buell, Kris Erik Stevens, Joel Sebastian, Gary Gears, Jerry Kay, Yvonne Daniels, Brant Miller, Tom Kent, Steve King, Jeff Davis dan Fred Winston. Beberapa direktur produksi yang bertanggung jawab atas suara WLS adalah Ray Van Steen, Hal Widsten, Jim Hampton, Bill Price dan Tommy Edwards.

Survei Dolar Perak mingguan WLS, didistribusikan gratis melalui toko rekaman, diberi judul Survei Beatle Perak selama puncak Beatlemania

Pada 1960-an, WLS adalah kekuatan utama dalam memperkenalkan musik baru dan artis rekaman. Pemutaran AS pertama dari rekaman oleh The Beatles (“Please Please Me”) ada di acara Dick Biondi pada tanggal 8 Februari 1963.

WLS dipilih oleh lembaga penyiaran secara nasional sebagai “Stasiun Terbaik Tahun Ini” pada tahun 1967, 1968 dan 1969. John Rook dinobatkan sebagai “Direktur Program Tahun Ini” pada tahun 1968 dan 1969 karena WLS diperkirakan menarik 4,2 juta pendengar setiap minggunya oleh penelitian Pulse.

Disk jockey WLS pada promosi Frisbee, 1972. Dari kiri: Bill Bailey, Chuck Knapp, Charlie Van Dyke, Fred Winston dan John Records Landecker.

WLS juga menghasilkan Survei Dolar Perak mingguan dari 14 Oktober 1960, hingga 22 Desember 1967, dipecahkan oleh Survei Beatle Perak pada 21 Februari 1964 (lihat gambar di sebelah kanan) dan Survei Musim Panas Super dari 5 Mei 1967, hingga 25 Agustus 1967.

Survei tersebut secara nominal berisi 40 daftar terkini, kecuali untuk minggu-minggu tertentu yang berisi daftar yang kurang mutakhir, biasanya 20, ditambah daftar khusus barang lama terbaik. Dari 18 September 1964 hingga 25 Desember 1964, survei tersebut terdiri dari 30 hit pop teratas, diikuti oleh 10 hit R&B teratas. Setelah itu, survei tersebut berganti nama berkali-kali (89 WLS Hit Parade, 89 WLS Chicagoland Hit Parade, WLS Musicradio 89, dll.).

Dimulai dengan survei 20 Juli 1970, jumlah cantuman turun dari 40 menjadi 30, kemudian bervariasi dari 25 menjadi 40 mulai 26 Juni 1972, kemudian turun menjadi 15 pada 9 Maret 1974, kemudian meningkat menjadi 45 pada akhir tahun 1975.

Tidak ada survei “dibawa pulang” yang dicetak dari 13 Maret 1972 hingga 16 Juli 1973 (ini terbatas pada satu survei mingguan ukuran poster yang dipajang di toko-toko kaset). Daftar akhir tahun adalah 20 hit terbesar tahun ini untuk setiap tahun dari 1963 hingga 1966, meningkat menjadi 89 sejak 1967 dan seterusnya.

Seperti banyak stasiun radio AM di tahun tujuh puluhan, WLS mengedit banyak lagu yang mereka putar ke dalam format yang lebih “ramah radio” atau “edit radio” (istilah yang masih digunakan sampai sekarang), biasanya berdurasi 3–4 menit.

Edisi khusus lainnya dari beberapa lagu Top 40 yang secara eksklusif dibuat untuk penyiaran mereka dilakukan oleh musisi itu sendiri atau terkadang oleh teknisi audio WLS. Contohnya termasuk lagu Reunion tahun 1974 “Life Is a Rock (But the Radio Rolled Me)”.

Reunion mengubah lirik lagu dari “Life is a rock but the radio rolling me” menjadi “Life is a rock / WLS rolling me”. Versi serupa dibuat untuk pesaing WCFL. Versi “WLS-only” lainnya adalah kombinasi dari “Love Will Keep Us Together” milik Captain dan Tennille dan “Por Amor Viviremos”, yang menampilkan vokal Inggris dan Spanyol bergantian.

Pada pertengahan 1970-an, WLS menjadi konservatif dalam memperkenalkan lagu-lagu baru, dan banyak promotor rekaman menyebut stasiun itu sebagai “Stasiun Terakhir Dunia” untuk menambahkan rilis baru untuk diputar, biasanya hanya setelah lagu-lagu tersebut mencapai 10 besar di Billboard Hot 100.

Namun, pada tahun 1974, stasiun tersebut mulai memutar lagu “Lady” oleh band Chicago Styx dari album mereka yang lebih lama, sehingga stasiun lain di seluruh negeri menambahkan lagu tersebut dan membuat lagu tersebut menjadi hit Top 40 nasional pertama Styx.

The post Sejarah Stasiun Radio Chicago WLS (AM) first appeared on Penyiar Radio Jack Blood dan Acara Radio di Acara Radio Amerika Serikat.


Source: http://www.deadlinelive.info/sejarah-stasiun-radio-chicago-wls-am/



Before It’s News® is a community of individuals who report on what’s going on around them, from all around the world.

Anyone can join.
Anyone can contribute.
Anyone can become informed about their world.

"United We Stand" Click Here To Create Your Personal Citizen Journalist Account Today, Be Sure To Invite Your Friends.

Please Help Support BeforeitsNews by trying our Natural Health Products below!


Order by Phone at 888-809-8385 or online at https://mitocopper.com M - F 9am to 5pm EST

Order by Phone at 866-388-7003 or online at https://www.herbanomic.com M - F 9am to 5pm EST

Order by Phone at 866-388-7003 or online at https://www.herbanomics.com M - F 9am to 5pm EST


Humic & Fulvic Trace Minerals Complex - Nature's most important supplement! Vivid Dreams again!

HNEX HydroNano EXtracellular Water - Improve immune system health and reduce inflammation.

Ultimate Clinical Potency Curcumin - Natural pain relief, reduce inflammation and so much more.

MitoCopper - Bioavailable Copper destroys pathogens and gives you more energy. (See Blood Video)

Oxy Powder - Natural Colon Cleanser!  Cleans out toxic buildup with oxygen!

Nascent Iodine - Promotes detoxification, mental focus and thyroid health.

Smart Meter Cover -  Reduces Smart Meter radiation by 96%! (See Video).

Report abuse

    Comments

    Your Comments
    Question   Razz  Sad   Evil  Exclaim  Smile  Redface  Biggrin  Surprised  Eek   Confused   Cool  LOL   Mad   Twisted  Rolleyes   Wink  Idea  Arrow  Neutral  Cry   Mr. Green

    MOST RECENT
    Load more ...

    SignUp

    Login

    Newsletter

    Email this story
    Email this story

    If you really want to ban this commenter, please write down the reason:

    If you really want to disable all recommended stories, click on OK button. After that, you will be redirect to your options page.