Read the Beforeitsnews.com story here. Advertise at Before It's News here.
Profile image
By Jack Blood (Reporter)
Contributor profile | More stories
Story Views
Now:
Last hour:
Last 24 hours:
Total:

Panduan Pemula Untuk Penyiar Radio

% of readers think this story is Fact. Add your two cents.


Panduan Pemula Untuk Penyiar Radio – Pernah menonton serial Stranger Things di Netflix? Ini bukan hanya pertunjukan hebat dengan aktivitas paranormal seperti Stephen King yang dibungkus di kota 80-an yang idealis. Ini juga menampilkan beberapa teknologi elektronik luar biasa yang pernah ada di masa jayanya di tahun 80-an dan masih berjalan sampai sekarang.

Panduan Pemula Untuk Penyiar Radio

deadlinelive – Dalam satu adegan, tiga anak laki-laki sedang duduk di sekitar radio ham pertama mereka dengan guru sains mereka di belakangnya. Untuk anak-anak ini, radio ham setara dengan smartphone atau internet nirkabel saat ini, dan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia tanpa kabel di antaranya!

Bagi Dustin, Mike, dan Lucas, radio ham seperti pintu gerbang ke dimensi tak kasat mata, dan alien, yang memungkinkan mereka terhubung secara nirkabel dengan beberapa komponen elektronik sederhana. Apa yang akan terjadi untuk Anda? Mungkin kesempatan bagus untuk belajar tentang elektronik dasar? Mari kita cari tahu.

Dasar-dasar Ham Radio

Bagi mereka yang tertarik dengan teknologi nirkabel dan bermain-main, radio ham memberikan pengantar yang solid untuk teori elektronik dasar dan pengetahuan komunikasi radio. Dan setelah Anda sepenuhnya dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan, dunia adalah milik Anda untuk berkomunikasi dan terhubung.

Anda mungkin tahu tentang radio ham untuk salah satu kegunaannya yang paling vital, yang berfungsi sebagai sistem komunikasi yang andal saat terjadi bencana. Selama masa krisis, ketika jaringan seluler dan jaringan listrik kita yang rapuh tertatih-tatih, radio ham terus berjalan.

Teknologi nirkabel ini diandalkan sebagai satu-satunya metode komunikasi selama situasi darurat, dan Anda akan menemukan kelompok darurat berbasis sukarelawan yang menawarkan keahlian radio ham mereka untuk mengoordinasikan bantuan dan bantuan bagi mereka yang ada di komunitas mereka.

Penggunaan radio ham jauh melampaui situasi darurat. Sebut saja Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Seorang astronot yang bepergian dengan pesawat biasanya akan membawa radio ham genggam 1-5 watt.

Dan dengan mendekatkan radio ke jendela, yang menempatkan antenanya sejajar dengan radio lain di bumi, seorang pria yang terbang melintasi ruang angkasa dapat mengobrol dengan kita di darat dengan teknologi sederhana yang menakjubkan ini. Di luar petualangan luar angkasa dan situasi darurat, Anda juga akan menemukan radio ham digunakan untuk:

A. Bulan memantul, Seolah-olah memantulkan gelombang radio dari ionosfer kita untuk memperpanjang jarak komunikasi kita tidaklah cukup. Beberapa operator radio ham mendapatkan tendangan mereka dengan memantulkan gelombang radio dari bulan berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia.

B. Panggilan jarak jauh, Operator ham lainnya akan ikut serta dalam kontes untuk melihat berapa banyak ham yang dapat mereka sambungkan di lokasi yang jauh. Jangan kaget untuk mendapatkan kembali kartu pos saat Anda membuat kontak, ini bisa menjadi koleksi yang bagus selama bertahun-tahun.

C. Data digital, Radio Ham tidak hanya untuk komunikasi suara. Dengan beberapa teknologi transmisi yang lebih baru, Anda juga dapat mengirim sinyal digital ke seluruh dunia untuk berbagi hal-hal seperti gambar, tanpa perlu internet nirkabel.

Tentu saja, daftar ini tidak lengkap dan penggunaan radio ham hanya dibatasi oleh imajinasi Anda. Namun, pada intinya, penggemar radio ham dikenal karena sifat mereka yang suka mengotak-atik dan penemu. Jadi apakah Anda ingin mendalami komunikasi nirkabel, membangun teori elektronik Anda, atau bereksperimen dengan sinyal digital, ada sesuatu untuk setiap pembuat dalam hobi radio ham.

Spektrum Radio Ham

Seperti teknologi nirkabel lainnya, radio ham menggunakan kekuatan radiasi elektromagnetik untuk mengirim suara, kode Morse, dan data digital ke seluruh dunia dengan bantuan pemancar, penerima, dan antena. Radiasi elektromagnetik ini bergerak dalam bentuk gelombang sinusoidal, dan panjang gelombang serta frekuensi gelombang tertentu akan menentukan jenis sinyal elektromagnetik yang Anda gunakan.

Anda dapat memecah radiasi elektromagnetik menjadi spektrum seperti yang ditunjukkan di bawah ini, yang dikategorikan dalam urutan penurunan panjang gelombang dan peningkatan frekuensi untuk memasukkan gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, cahaya tampak, ultraviolet, sinar-x, dan sinar gamma.

Dari kategori ini, radio ham beroperasi hanya dalam spektrum gelombang radio, yang dikenal dengan panjang gelombangnya yang dapat berkisar dari 0,04 inci hingga lebih dari 62 mil! Detailnya bahkan lebih dalam. Frekuensi radio kemudian dipecah lagi menjadi spektrum lain, yang disebut spektrum frekuensi radio.

Spektrum ini telah dipotong oleh FCC untuk mencadangkan pita frekuensi tertentu untuk teknologi radio tertentu. Misalnya, Anda akan menemukan komunikasi radio maritim yang beroperasi di pita Frekuensi Sangat Rendah (VLF) sementara komunikasi satelit beroperasi di pita Frekuensi Sangat Tinggi (EHF).

Untuk radio ham, FCC telah mengalokasikan satu set frekuensi tertentu yang dimulai pada pita radio AM pada 1,6 MHz dan berakhir pada 1240 MHz. Rentang ini mencakup dua pita frekuensi radio, Frekuensi Sangat Tinggi (VHF), dan Frekuensi Ultra Tinggi (UHF), yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Frekuensi Sangat Tinggi (VHF)

Anda akan menemukan VHF berada pada spektrum frekuensi radio antara 30 hingga 300MHz, dengan pita radio ham khusus disediakan untuk 144-148MHz. VHF menyediakan sistem komunikasi simpleks, yang memungkinkan komunikasi garis pandang antara dua radio ham. Pita ini dikenal sangat andal dan juga kurang rentan terhadap kebisingan dari peralatan listrik terdekat, menjadikannya pita pilihan bagi banyak operator radio ham.

Saat berkomunikasi dalam pita VHF, operator radio ham biasanya akan memanfaatkan repeater yang dipasang di seluruh negeri oleh klub radio lokal. Struktur besar seperti antena ini dapat menerima dan menyiarkan ulang sinyal yang dikirim dari radio ham, yang secara signifikan memperluas jangkauannya. Lebih baik lagi, banyak dari repeater ini ditenagai oleh tenaga surya atau memiliki cadangan daya bawaan, menjadikannya sempurna untuk menjaga komunikasi tetap berjalan pada saat darurat.

Frekuensi Ultra Tinggi (UHF)

Bergerak ke atas spektrum frekuensi radio, kami memiliki Frekuensi Ultra Tinggi yang berkisar dari 300MHz hingga 3GHz. Untuk operator radio ham, Anda akan menggunakan rentang frekuensi dari 420 – 450MHz. Berbeda dengan keandalan gelombang radio VHF, UHF memiliki panjang gelombang yang jauh lebih pendek dan rentan terhadap gangguan dari benda padat apa pun, baik itu bangunan yang menghalangi sinyal Anda atau bahkan tubuh Anda. Di sisi positifnya, UHF memang memiliki pendudukan bandwidth yang lebih tinggi, dan Anda akan menemukan rentang frekuensi dan kualitas sinyal audio yang lebih luas saat berkomunikasi di pita ini.

Memukul Uang Untuk Peralatan

Jika Anda tertarik untuk memulai hobi di radio ham, Anda memiliki beberapa pilihan peralatan. Jika Anda ingin melakukan segalanya dan membangun sendiri seluruh gubuk radio ham, maka harapkan untuk menginvestasikan ratusan atau ribuan dolar untuk memulai.

Saat ini ada beberapa opsi yang lebih murah di luar sana yang memungkinkan pembuat memulai hobi radio ham hanya dengan $25. Transceiver BaoFeng sederhana di Amazon akan memungkinkan Anda untuk mendengarkan dan berbicara di seluruh dunia tanpa merusak dompet Anda. Ini bisa menjadi jalan yang bagus untuk menjelajahi hobi baru ini, mendapatkan lisensi radio ham Anda, dan melihat apakah Anda ingin berinvestasi lebih jauh. Jika Anda memutuskan untuk menempuh rute untuk akhirnya membangun gubuk radio ham Anda sendiri, maka berharaplah untuk berinvestasi di bagian-bagian berikut:

Penerima

Penerima pemindaian akan memungkinkan Anda untuk mendengarkan berbagai pita radio dan kotak ini akan tersedia dalam versi desktop atau genggam. Banyak receiver saat ini juga memiliki modul memori yang memungkinkan Anda untuk menyimpan frekuensi favorit Anda.

Pemancar

Ada juga pilihan untuk berinvestasi dalam transceiver, yang menggabungkan receiver dan pemancar dalam satu kotak. Anda biasanya akan menemukan ini sebagai model pita tunggal dua meter untuk operator ham dasar. Namun, jika Anda berencana untuk meningkatkan lisensi ham Anda di masa mendatang, maka Anda dapat mengambil transceiver ganda atau tri-band untuk memberi diri Anda lebih banyak kekuatan komunikasi.

Antena

Jika Anda memiliki rumah atau ruang luar, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam antena. Ini akan datang baik sebagai omnidirectional, yang mengirimkan sinyal ke segala arah, atau directional, yang mengirimkan sinyal ke jalur langsung. Ada juga antena seluler yang dapat Anda pasang di mobil Anda yang akan meningkatkan sinyal Anda saat di jalan.

Ini hanya beberapa bagian yang Anda perlukan saat menyusun gubuk radio ham Anda sendiri. Masih ada banyak lagi untuk proyek ini, dengan hal-hal seperti catu daya, mikrofon, dan semua kabel yang diperlukan. Pastikan untuk membaca artikel ini dari Makezine tentang cara mengatur gubuk radio ham untuk detail lebih lanjut.

Mendapatkan Lisensi Ham Radio Anda

Siap untuk memulai hobi radio ham Anda? Tidak begitu cepat! Anda harus mendapatkan lisensi terlebih dahulu untuk dapat mengoperasikan radio ham secara legal. Tes yang Anda ambil akan mencakup pengetahuan dalam teori elektronik, aturan radio amatir, dan peraturan. Ada tiga jenis lisensi yang tersedia, antara lain:

A. Teknisi, Lisensi ini sangat cocok untuk mereka yang baru memulai hobi radio ham mereka. Tes teknisi mencakup 35 pertanyaan dan akan mencakup peraturan radio ham dasar, keselamatan, dan teori elektronik dasar. Setelah selesai, Anda akan dilisensikan untuk berkomunikasi dalam pita frekuensi VHF, UHF, dan gelombang mikro.

B. Umum, Dengan lisensi Umum, Anda akan membuka semua hak istimewa lisensi Teknisi ditambah kemampuan untuk berkomunikasi pada frekuensi di pita Frekuensi Tinggi (HF).

C. ekstra, Lisensi Ekstra memiliki lebih dari 700 pertanyaan dan akan membutuhkan pembelajaran yang serius. Jika Anda lulus tes ini, Anda akan mendapatkan semua hak istimewa dari Teknisi dan Lisensi Umum ditambah akses ke sub-band eksklusif.

Untuk memulai proses lisensi radio ham Anda, Anda mungkin ingin mencari kelas atau buku untuk dipelajari dan kemudian mengikuti ujian Anda. HamRadio 360 memiliki daftar bahan belajar yang bagus untuk Anda mulai . Setelah Anda mengetahui barang-barang Anda, Anda akan ingin mencari klub lokal di daerah Anda untuk sesi pengujian. Asosiasi Nasional untuk Radio Amatir (ARRL) adalah sumber yang bagus untuk menemukan lokasi di kota Anda .

Ketika Anda Ingin Membangun, Bukan Membeli

Berkomunikasi dengan radio ham adalah hobi yang bagus, tetapi jika Anda membaca blog ini sebagai desainer elektronik berpengalaman, kemungkinan besar Anda akan menginginkan lebih, jadi inilah dua jalur yang harus diambil.

Jika Anda tertarik untuk melihat komponen elektronik apa yang dikemas di dalam radio ham saat ini, lihat Teardown Tuesday: Pemancar Radio Amatir Baofeng dari Semua Tentang Sirkuit untuk melihat semua hal bagus di dalamnya.

The post Panduan Pemula Untuk Penyiar Radio first appeared on Penyiar Radio Jack Blood dan Acara Radio di Acara Radio Amerika Serikat.


Source: http://www.deadlinelive.info/panduan-pemula-untuk-penyiar-radio/



Before It’s News® is a community of individuals who report on what’s going on around them, from all around the world.

Anyone can join.
Anyone can contribute.
Anyone can become informed about their world.

"United We Stand" Click Here To Create Your Personal Citizen Journalist Account Today, Be Sure To Invite Your Friends.

Please Help Support BeforeitsNews by trying our Natural Health Products below!


Order by Phone at 888-809-8385 or online at https://mitocopper.com M - F 9am to 5pm EST

Order by Phone at 866-388-7003 or online at https://www.herbanomic.com M - F 9am to 5pm EST

Order by Phone at 866-388-7003 or online at https://www.herbanomics.com M - F 9am to 5pm EST


Humic & Fulvic Trace Minerals Complex - Nature's most important supplement! Vivid Dreams again!

HNEX HydroNano EXtracellular Water - Improve immune system health and reduce inflammation.

Ultimate Clinical Potency Curcumin - Natural pain relief, reduce inflammation and so much more.

MitoCopper - Bioavailable Copper destroys pathogens and gives you more energy. (See Blood Video)

Oxy Powder - Natural Colon Cleanser!  Cleans out toxic buildup with oxygen!

Nascent Iodine - Promotes detoxification, mental focus and thyroid health.

Smart Meter Cover -  Reduces Smart Meter radiation by 96%! (See Video).

Report abuse

    Comments

    Your Comments
    Question   Razz  Sad   Evil  Exclaim  Smile  Redface  Biggrin  Surprised  Eek   Confused   Cool  LOL   Mad   Twisted  Rolleyes   Wink  Idea  Arrow  Neutral  Cry   Mr. Green

    Total 1 comment
    • BalanceBlind

      Itu selalu aneh bagi saya bahwa beberapa orang memutuskan untuk membangun radio sendiri dan tidak hanya membelinya. Sekarang aku mengerti bahwa itu benar-benar menarik, tetapi jika aku punya kesempatan, aku akan tetap membelinya. Bahkan jika mereka cukup mahal, saya masih akan membeli radio karena saya mendapatkan uang yang baik pada kupon binomo, dan saya tidak perlu merakit radio sendiri.

    MOST RECENT
    Load more ...

    SignUp

    Login

    Newsletter

    Email this story
    Email this story

    If you really want to ban this commenter, please write down the reason:

    If you really want to disable all recommended stories, click on OK button. After that, you will be redirect to your options page.